twing . . .twing . .

Kamis, 14 Mei 2009

PERAWATAN PC

Setelah 3 bulan PC anda terasa melamban? Itu gejala yang biasa terjadi pada sebuah PC. Ada 2 hal yang menyebabkan kinerja PC tidak seyahud saat baru dibeli atau dirakit.

1. PC anda terinfeksi virus

Virus dapat menyebabkan PC lamban, hang, dan bahkan tak mau diperintah. Ada saja PC yang tiba-tiba restart sendiri, atau bahkan ada yang shutdown tanpa permisi.

Untuk membuang virus itu gampang aja, pakai antivirus! Tapi masalahnya, banyak orang yang jarang mengupdate antivirusnya. Banyak kasus (seperti yang diutarakan NQ, seorang teknisi dari Equal Computer Advisor), users sudah merasa aman ketika melihat di komputer barunya sudah terinstal antivirus, seperti misalnya McAffee, Norton, Pccillin, dll. Mereka sama sekali tak tahu kalau antivirus itu perlu diupdate agar bisa menendang virus dari komputernya.

Ibarat seorang dokter, antivirus yang tak pernah diupdate adalah seperti dokter yang tak punya obat. Bagaimana dokter bisa membantu penyembuhan pasien jika tak punya obat. Dokter itu beda sama dukun. Tanpa obat, dukun bisa mengobati pasiennya. Nah, antivirus juga bukan dukun!

2. PC anda kurang perhatian

Ini penyebab kedua. Jika seseorang kurang diperhatian, maka iapun juga akan cuek bahkan cenderung jadi malas beraktifitas. Atau bahkan bisa jadi malah melakukan kegiatan yang destruktif. PC anda juga butuh perhatian. Ia bukan sekedar alat yang bisa anda ekspoatasi untuk bekerja, online, atau gaming. PC juga perlu diberi perawatan.

Ibarat seorang istri, PC bukan hanya untuk “dipakai” saja. Anda perlu menyayanginya dengan tulus dan memberikannya perawatan yang jika perlu extra, misalnya anda sering membersihkan badannya eh sampah yang tak terelakan menempel pada temporary dan registry. Anda juga harus rajin mendefragnya. Mendefrag hard disk, bagi sebagaian orang adalah pekerjaan yang membosankan karena memakan waktu sangat lama. Apalagi jika hard disk anda berkapasitas 40 GB ke atas.

Merawat komputer itu adalah pekerjaan yang lumayan serius namun harus tetap dinikmati. Kita harus berpikir, daripada suatu saat komputer kita ngambek karena sudah tak tahan lagi menahan beban kerja yang berlipat ganda namun tak pernah dirawat. Jika sudah ngambek, baru lah kita sadar kalau ternyata kita perlu merawat milik kita itu.

Apapun software antivirus anda, yang penting adalah update! Jangan terlalu fanatik dengan salah satu merk antivirus. Sebab setiap produk pasti punya karakteristik. Bahasa lainnya, punya kelemahan dan kelebihan.

7 komentar:

  1. kAwAn tUliSaNnYa JaDi G JeLaS tUcH......

    BalasHapus
  2. tAk dA sWt Yg mMbAhGiAkN sLaEn bRsMa tEmAN

    BalasHapus
  3. tAk dA hAl tERiNdaH AnD KaTa YaNg dAPAt teRuCaP sElAeN TeRiMA kAsIh SaHaBat..
    dOn"t fOrgEt Me cOz yOur ThE BeSt FrIeAnD..

    BalasHapus
  4. cUy....

    cUrang....

    ^_^ haRuzX yg Pke DoraEmon tu Q...

    qMyu iRwansYah ja.....

    BalasHapus
  5. nov.....aku g" di temani ta???

    BalasHapus
  6. temen ku yang lucu baek hati and tidak sombong...
    kalau boleh saran..
    texs nya itu di ganti warnanya,gar mudah buat di baca artikelnya gtc....

    BalasHapus
  7. haloooo mbak nopp baguz blogernya gmbrnyax princez aja yow

    BalasHapus

my .. zodiak